Tanpa harus ada sensor sana sini


Nge-blog sudah sejak dulu menjadi hobi saya. Entah pertama kali terinspirasi oleh siapa, saya sudah lupa. Mungkin semua ini berawal dari efek domino kebiasaan kakak pertama saya yang suka baca buku. Dia kuliah di UNESA, dan setiap pulang ke rumah membawa buku-buku untuk dituangkan ke otak adik-adiknya. Jenis bukunya sangat beragam. Mulai dari kumpulan puisi, kumpulan cerpen, kumpulan esai ringan, novel, hingga buku yang membahas masalah kaifiyah sholat dan amaliyah Nahdliyyin yang dimusyrik-musyrikkan. Buku-buku itu mulai saya telan sejak kelas 3 SMP, tahun 2011.

Nge-blog bisa membuat saya tenang. Sebab coretan-coretan dalam dekstop ini bisa merobohkan kepenatan pikiran yang menggumpal dalam otak saya. Di blog, saya bisa terjun bebas dengan membawa semua masalah itu. Tanpa harus ada sensor sana sini. Tentu dengan batasan gak nulis sak karepe udele dewe. Jangan sampai tulisan kita di blog ada yang merugikan pihak lain.

Oh, iya. Saya juga ingat, kakak saya mengenalkan salah satu platform blog milik kompas yang dapat dibuat oleh siapapun, yaitu kompasiana. Nah, disitulah saya mulai menulis blog. Ini tulisan pertama saya di kompasiana "Dua Rahasia Bangsa Yunani di Panggung Sejarah Peradaban Dunia". 

Terkait kata-kata motivasi untuk menulis sudah sangat banyak masuk ke otak saya. Jelas itu juga berpengaruh, namun ada satu hal lagi yang lebih berpengaruh, yakni adalah penulis-penulis yang aktif membuat konten di blog pribadinya maupun website manajemen. Misal, ada Mbah Nun di caknun.com, Gus Mus di gusmus.net, Gus Nadir di nadirhosen.net. Selain itu, ada pula Dee Lestari di deelestari.com, Agus Mulyadi di agusmulyadi.web.id, atau saudara kembar saya, Em Ruddy, di msyairuddin68.blogspot.com, dll.

Kalau anak pemrograman harus menuliskan kalimat pertama dengan "Hello World!" dalam website mereka, namun saya langsung menulis kalimat yang tak jelas arah dan tujuannya. Mungkin, ya, karena saya bukan anak pemrograman.

Blog ini akan kembali saya rawat. Semoga bisa konsisten membuat konten. Terserah tangan saya mau mengetik apa. Pokok saya tulis!

Comments

Popular posts from this blog

Anime Keren Sub Indonesia yang Paling Banyak Ditonton 2022

Terkait kata-kata motivasi untuk menulis sudah sangat banyak